Latihan Kesimbangan Tubuh

Yuk, Kita simak video Latihan Kesimbangan Tubuh dibawah ini!

Siapa yang tidak kenal dengan senam lantai, dengan senam lantai kita dapat melatih beberapa keterampilan tubuh seperti kekuatan tubuh, keseimbangan tubuh, kelenturan tubuh, dan lainnya. Di antara beberapa manfaat tersebut, keseimbangan tubuhlah yang menjadi tujuan penting dalam senam lantai. Latihan Kesimbangan Tubuh merupakan istilah yang digunakan untuk menunjuk pada kemampuan pada bagian kaki seseorang untuk mempertahankan tubuh tetap seimbang dan mempertahankan stamina tubuh saat berolahraga.

Untuk melatih kesimbangan tubuh, perlu dilakukan beberapa gerakan yang dapat memperkuat atau mempertahankan kesimbangan tubuh kita, di antaranya sebagai berikut:

  • Melakukan gerakan berdiri dengan satu kaki

Berdiri dengan satu kaki merupakan gerakan yang banyak manfaatnya terutamanya adalah melatih keseimbangan tubuh kita. Latihan berdiri dengan satu kaki dapat dilakukan dengan menyiapkan sebuah kursi di sisi kita, untuk berjaga-jaga ketika kita tidak mampu lagi menahan berdiri dengan satu kaki. Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang sampai kita tidak meemrlukan kursi lagi untuk berdiri dengan satu kaki.

  • Melakukan gerakan berdiri dengan satu kaki dan satu tangan diangkat.

Setelah mampu berdiri dengan satu kaki, maka lakukan gerakan tambahan dengan mengangkat satu tangan diangkat. Gerakan ini dilakukan dengan mengangkat kedua tangan hingga setinggi bahu, pastikan untuk menahan posisi selama beberapa saat. Jika sudah sampai pada batas maksimal, maka gunakan kaki berikutnya untuk menahan badan, dan kembali rentangkan tangan kita.

  • Melakukan gerakan berdiri dengan satu kaki dan mata ditutup

Setelah kita mahir melakukan latihan 1 dan 2, yaitu berdiri dengan satu kaki, kemudian tangan ke atas, selanjutnya kita akan berlatih berdiri dengan satu kaki, tangan ke atas, dan kali ini kita akan berlatih dengan memejamkan mata. Mata dapat membantu seseorang lebih sensitif lagi untuk melatih kemampuan keseimbangannya. Gerakan ini dilakukan dengan cara menutup mata sambil mengangkat satu kaki kita. Jika hal ini dilakukan dengan berulang-ulang, dapat memberikan manfaat yang sangat baik untuk menambah kamampuan kita.

Selanjutnya,

  • Melakukan gerakan berdiri dengan satu kaki diangkat ke belakang

Gerakan ini sangat baik untuk dilatih, karena selain membantu melatih keseimbangan di satu titik, cara ini juga dapat memantau kita melatih keseimbangan yang dipusatkan di sepanjang kaki yang diangkat ke belakang. Teknik keseimbangan ini dapat dilatih dan dikuasai, sehingga kita akan memiliki otot-otot kaki yang terlatih untuk menjaga keseimbangan tubuh hingga usia senja nantinya.

Latihan Kesimbangan Tubuh
Gambar. Berdiri dengan satu kaki diangkat ke belakang
sumber.http://fatkhullahsenam.blogspot.com/
  • Melakukan gerakan bediri dengan satu kaki diangkat ke depan.

Gerakan ini hampir sama dengan melatih keseimbangan dengan kaki diangkat ke belakang, namun gerakan ini dilakukan dengan mengangkat satu kaki ke depan. Kaki yang diangkat ke depan ini tidak akan bisa total diangkat hingga lurus sejajar pinggang seperti ke belakang, sehingga kaki yang di depan lebih sulit dipertahankan kesimbangannya. Kesimpulanya, latihan ini lebih sulit keberhasilannya dibandingkan dengan latihan berdiri dengan satu kaki lainnya. Untuk itu diperlukan latihan dengan teknik tahap demi tahap.

Latihan Kesimbangan Tubuh
Gambar. Berdiri dengan satu kaki diangkat ke depan
Sumber.http://fatkhullahsenam.blogspot.com

dan,

  • Melakukan gerakan duduk dan tarik badan ke belakang

Latihan keseimbangan dapat pula dilakukan dengan cara duduk. Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara menyiapkan kursi duduk tanpa sandaran. Tarik perlahan-lahan tubuh Anda hingga mencapai titik keseimbangan maksimal kita.

Saat latihan awal, kita dapat menggunakan otot tangan kita sebagai tumpuan keseimbangan. Seiring berjalannya waktu, kita dapat mengandalkan otot perut saja untuk menjaga keseimbangan tubuh kita saat duduk dan menarik badan ke arah belakang dan menjaga agar tidak terjatuh.

  • Melakukan gerakan duduk lalu berdiri

Latihan keseimbangan juga dapat dilakukan melalui gerakan duduk lalu berdiri. Gerakan ini sulit dilakukan tanpa adanya pegangan untuk menopang keseimbangan seseorang yang akan berdiri dari posisi duduk. Gerakan ini dapat dilatih melalui menyiapkan sebuah kursi. Duduklah di atas kursi tersebut dan sewaktu-waktu berdirilah tanpa melakukan pegangan. Pastikan untuk menahan keseimbangan kita di otot kaki atau perut. Ulangi gerakan tersebut beberapa kali hingga kita mulai stabil dalam melakukan gerakan tersebut setelah duduk. 

Latihan Kesimbangan Tubuh
Gambar. Gerakan duduk kemudian berdiri
Sumber.http://fatkhullahsenam.blogspot.com/
  • Melakukan gerakan berjalan dengan lurus

Latihan berjalan lurus ini diketahui dapat melatih keseimbangan otot kaki untuk menahan tubuh saat berjalan. Lakukan latihan ini secara berkala, dan semoga dapat mempertahankan otot-otot kaki dalam kondisi yang selalu sehat.

  • Melakukan gerakan mengayunkan kaki

Latihan ini dapat disebut juga latihan leg swings. Kita hanya perlu berada pada posisi berdiri, menumpukan berat pada kaki kanan, dan mengangkat kaki kiri yang diangkat. Ayunkan kaki ke arah depan dan belakang. Pastikan tubuh dalam posisi tegak dan tetap seimbang. 

Itulah beberapa cara atau teknik yang dapat dilakukan untuk melatih keseimbangan tubuh kita. Latihan Kesimbangan Tubuh juga bermanfaat saat kita berusia senja nanti. Untuk itu selalu berolahraga dan jagalah kesehatan tubuh dengan berbagai macam olahraga untuk melatih kekuatan otot kaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU