Tari Kreasi Rara Ngigel

Yuk, Kita simak video Tari Kreasi Rara Ngigel dibawah ini!

Sudah pernahkan Anda melihat sebuah penampilan Tari Kreasi Rara Ngigel? Atau mungkin Anda pernah menampilkan sebuah tari kreasi? Seiring berkembangnya zaman, ada banyak karya-karya tari kreasi yang ada di Indonesia. Tari kreasi merupakan jenis tari klasik yang gerakan maupun musiknya diaransemen ulang menyesuaikan perkembagan zaman namun tetap mempertahankan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Salah satu jenis tari kreasi adalah tari Rara Ngigel. Tari Rara Ngigel merupakan salah satu jenis tari kreasi yang berasal dari Yogyakarta. Tarian ini diciptakan oleh Ida Wibowo, putri seorang seniman tari bernama Bagong Kusudiarjo. Gerakan tari Rara Ngigel ini menceritakan tentang tumbuhnya seorang gadis yang beranjak dewasa (www. http://callistaearlene.blogspot.com/). Tidak ada aturan khusus dalam menentukan jumlah penari dalam tarian tersebut. Dalam penyajiannya, tarian ini dibawakan secara berpasangan. Tari Rara Ngigel lebih sering ditampilkan oleh seorang wanita tapi terkadang juga ditampilkan berpasangan dengan pria.

Tari Kreasi Rara Ngigel
Gambar: Penampilan Tari Rara Ngigel
Sumber: https://blogkulo.com/tari-rara-ngigel/

Bagaimanakah gerakan tari Rara Ngigel?

Gerakan pada tari Rara Ngigel ini memadukan dua unsur budaya Indonesia, yakni budaya Yogyakarta dan budaya Jawa Barat. Hal ini dapat dilihat dari gerakan tari yang lembut diinspirasikan dari gerak tari gaya Yogyakarta sedangkan gerakan tari yang tegas dan patah-patah diinspirasikan dari gerak tari gaya Jawa Barat. Dalam prakteknya, tari Rara Ngigel diiringi dengan alat musik berupa gamelan khas Jawa.

Tahukah Anda Bagaimana Kostum tari Rara Ngigel?

Kostum yang digunakan pada tari Rara Ngigel merupakan kombinasi budaya Jawa dan budaya Cina. Budaya Jawa dapat dilihat dari kostum jarik dan kebaya yang dikenakan oleh sang penari, sedangkan budaya Cina dapat dilihat dari tusuk konde yang digunakan di kepala sang penari. Biasanya kostum yang digunakan pada tari Rara Ngigel ini berwarna cerah. Disertai riasan pada wajah sang penari, sehingga terlihat penuh semangat.

Comments (1)

  • Mey safira dian Wijaya
    March 10, 2020

    I dont know

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU