Semangat Nasionalisme Generasi Milenial

Yuk, Kita simak video Semangat Nasionalisme Generasi Milenial dibawah ini!

Indonesia sangat lekat dengan semboyannya yaitu “Bhinneka tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda tapi tetap satu. Prinsip persatuan dan kesatuan sangat penting untuk kita junjung karena keduanya merupakan sebuah kewajiban bagi bangsa Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Semangat nasionalisme sudah ada dari sejak zaman perjuangan para pahlawan kita terdahulu hingga dibawa para generasi muda pada zaman sekarang. Nasionalisme memiliki arti yaitu paham kebangsaan dari masyarakat suatu negara yang memiliki kesadaran dan semangat cinta tanah air dan bangsa yang ditunjukkan melalui sikap dan tingkah laku individu atau masyarakat. Nasionalisme  juga berarti sebagai pemahaman dari masyarakat suatu bangsa yang mempunyai keselarasan kebudayaan, dan wilayah serta kesamaan cita-cita dan tujuan sehingga timbul rasa ingin mempertahankan negaranya, baik dari internal maupun eksternal. Semangat nasionalisme juga tertuang dalam Pancasila, yaitu pada sila ke-3 Pancasila yang bunyinya “Persatuan Indonesia” dengan ciri-ciri: Rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa Indonesia, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara, bangga memiliki tanah air dan bangsa Indonesia, memposisikan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.

Rasa semangat nasionalisme yang dulu dengan zaman sekarang tentu berbeda. 

Jika zaman dahulu semangat nasionalisme para pemuda dengan membela negara melawan para penjajah maka zaman sekarang yang dapat mencerdaskan bangsa dan mengharumkan nama Indonesia. Contoh kaum milenial yang memiliki jiwa nasionalisme seperti Awwalur Rizqi Al-Firori, salah satu pemuda dari Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia yang dipanggil Alffy ini ingin menduniakan Indonesia melalui musik. 

Alffy menciptakan lagu nasioanal bernuansa Indonesia. Ia juga memadukan lagu nasional Indonesia dengan  musik tradisional dan modern seperti Rayuan Pulau Kelapa dan Tanah Air. Alffy pernah berkata bahwa ia ingin lagu nasional Indonesia masuk ke playlist anak muda karena nilai-nilai kebangsaannya yang luar biasa. Sehingga bisa sejajar dengan musik-musik barat. Ia juga ingin anak-anak muda lebih menghargai lagu-lagu nasional. Berikut ini merupakan contoh cuplikan semangat nasionalisme yang ada dalam tim Alffy saat membuat lagu yang bertemakan lagu nasional Indonesia sebagai penutupan lagu Asean Games 2018 yang lalu. 

Semangat Nasionalisme Generasi Milenial
Gambar: Semangat nasionalisme Alffy dengan teman-temannya saat menyanyikan lagu yang bernuansa lagu nasional di puncak gunung.
Sumber: https://www.youtube.com/watch?time_continue=418&v=2_-F-8R5Hm4&feature=emb_title

Faktor-faktor yang mendorong persatuan dan kesatuan bangsa dahulu, diataranya adalah sebagai berikut.

  • Adanya rasa senasib dan seperjuangan yang diakibatkan oleh faktor sejarah.
  • Kemudian, Adanya ideologi nasional yang tercermin dalam simbol negara yaitu Garuda Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
  • Selanjutnya, Adanya tekad serta keinginan untuk bersatu dikalangan bangsa indonesia seperti yang dinyatakan dalam Sumpah Pemuda.
  • Dan Adanya ancaman dari luar yang menyebabkan muncul semangat nasionalisme di kalangan bangsa Indonesia.
Semangat Nasionalisme Generasi Milenial
Gambar: Semangat nasionalisme Alffy dengan teman-temannya saat menyanyikan lagu yang bernuansa lagu nasional di puncak gunung.
Sumber: https://www.youtube.com/watch?time_continue=418&v=2_-F-8R5Hm4&feature=emb_title

Baca juga: Usaha Perdamaian Dunia dengan Pendekatan Budaya 

Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan salah satu kewajiban dari setiap warga negara Indonesia. Sejak awal kemerdekaan para tokoh bangsa Indonesia telah membentengi diri dengan merumuskan dasar negara yaitu Pancasila. Pancasila dijadikan sebagai pandangan hidup dalam perilaku sehari-hari. Nilai-nilai Pancasila harus diamalkan bagi kaum generasi milenial saat ini dalam kehidupan sehari-sehari sebagai upaya menjaga keutuhan negara. Nilai-nilai Pancasila dapat kalian amalkan dengan cara hidup rukun antarsesama. Kerukunan merupakan modal utama dalam menjaga keutuhan negara. Sikap tersebut dapat kalian tampilkan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, di sekolah, dan di masyarakat.

Comments (1)

  • monik
    March 9, 2020

    mn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU