Dampak Kurang Aktivitas Fisik

Yuk, Kita simak video Dampak Kurang Aktivitas Fisik dibawah ini !

Anda pasti pernah barmain handphone sambil tiduran maupun bersandar di sofa. Coba Anda ingat, berapa lama Anda melakukan hal tersebut? Tahukah Anda jika yang Anda lakukan tersebut dapat mengganggu kesehatan Anda?

Berikut akibat dari kurang melakukan aktivitas fisik dalam hal ini adalah olahraga :

1. Menurunkan konsentrasi

Jika Anda terlalu banyak duduk, tulang belakang Anda akan jadi tegang karena terlalu lama membungkuk atau melengkung. Hal ini akan menyebabkan paru-paru Anda tidak akan mendapatkan cukup ruang untuk mengembang cukup besar, sehingga tubuh Anda akan mendapatkan oksigen yang lebih sedikit. Kurangnya oksigen memicu turunnya konsentrasi dan ingatan Anda.

2. Meningkatkan resistensi insulin

Jika waktu Anda 70% dihabiskan untuk duduk dan tiduran, Anda memiliki risiko resistensi insulin. Hal tersebut menyebabkan meningkatnya kadar gula dalam darah, sehingga peluang Anda untuk terserang diabetes meningkat. Kebanyakan orang yang malas-malasan hanya duduk dan tiduran cenderung mencari camilan yang kurang sehat. Camilan tersebut bisa jadi mengandung gula yang sangat tinggi, sperti permen, eskrim, coklat, atau minuman kemasan yang manis.

3. Gampang sakit

Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa adanya keterkaitan antara olahraga denga sistem imun tubuh. Seorang pakar fitnes Brandon Mentore mengatakan bahwa seseorang perlu melakukan aktivitas fisik untuk menstimulasi jaringan otot untuk meningkatkan pertahanan tubuhnya. Jika seseorang tersebut sakit, maka indikasi bahwa tubuh memerlukan lebih banyak aktivitas.

Baca Juga : Sehat Dengan Senam

Selain itu,

4. Lebih sering kelelahan

Jika Anda kurang olahraga atau kurang aktivitas, Anda akan lebih mudah merasa lelah, karena Anda tidak pernah melatih tubuh untuk melakukan berbagai macam aktivitas fisik sehingga kekuatan dan ketahanan fisik Anda lemah.

5. Lemak menumpuk pada perut

Kebanyakan orang yang jarang olahraga mengalami perut buncit. Hal ini terjadi karena adanya penumpukanlemak yang berada di perut. Jarang berolahraga menyebabkan metabolisme tubuh menjadi lambat. Metabolisme yang lambat inilah pemicu penumpukan lemak pada tubuh, terutama pada perut.

6. Mudah marah dan stres

Saat berolahraga, tubuh Anda akan melepaskan energi negatif yang terdapat dalam tubuh, termasuk emosi. Olahraga merangsang tubuh untuk melepaskan hormon serorotin dan dopamin yang membuat Anda merasa bahagia. Sehingga, jika Anda kurang melakukan olahraga dapat membuat stres dan kurang bahagia, bahkan mudah marah.

7. Tulang rapuh

Pada sebuah penelitian, aktivitas olahraga secara teratur dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Hal ini disebabkan karena penurunan mineral dan kepadatan tulang dapat dicegah dengan melakukan olahraga secara teratur.

Jadi setelah Anda mengetahui dampak buruk kurangya aktivitas fisik, hendaknya Anda segera mengubah pola hidup Anda dengan banyak aktivitas, serta jadwalkan olahraga secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU