Wujud Bela Negara di Kalangan Pelajar

Yuk, Kita simak video Wujud Bela Negara Di Kalangan Pelajar dibawah ini !

Konsep bela negara dapat diartikan secara fisik dan non-fisik. Secara fisik dapat diartikan dengan mengangkat senjata menghadapi serangan atau agresi musuh. Secara non-fisik dapat didefinisikan sebagai segala upaya untuk mempertanankan negara dengan cara meningkatkan rasa nasionalisme, yakni kesadaran berbangsa dan bernegara, menanamkan kecintaan terhadap tanah air, serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara.

Bentuk dari bela Negara adalah tekad, sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. Wujud dari usaha Bela Negara adalah kesiapan dan kerelaan setiap warga negara untuk berkorban demi mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan negara, kesatuan dan persatuan bangsa, keutuhan wilayah dan yuridiksi nasional, dan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

Pembelaan negara bukan semata-mata tugas TNI, tetapi juga segenap warga negara yang sesuai kemampuan dan profesinya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sebagaimana dinyatakan dalam pasal 27 ayat 3 UUD 1945, bahwa usaha Bela Negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara. Hal ini menunjukkan adanya asas demokrasi dalam pembelaan negara yang mencakup dua arti. Pertama, bahwa setiap warga negara turut serta dalam menentukan kebijakan tentang pembelaan negara melalui lembaga-lembaga perwakilan sesuai dengan UUD 1945 dan perundang-undangan yang berlaku. Kedua, bahwa setiap warga negara harus turut serta dalam setiap usaha pembelaan negara, sesuai dengan kemampuan dan profesinya masing-masing.

Baca juga: Pencegahan Konflik yang Bersifat SARA 

Kesadaran bela negara  pada hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara. Cakupan bela negara itu sangat luas. Mulai dari yang paling halus, hingga yang paling keras. Mulai dari hubungan baik sesama warga negara, sampai bersama-sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata. 

Lalu, bagaimana wujud bela negara di kalangan pelajar?

Tentunya wujud bela negara di kalangan pelajar berbeda dengan wujud bela negara yang dilakukan oleh anggota TNI maupun Polri.

Konsep bela negara bagi siswa tidak bersifat militer tetapi lebih ditekankan pada peningkatan kesadaran berbangsa dan bernegara dan kecintaan kepada tanah air Indonesia. Kegiatan bela negara di kalangan pelajar perlu dilakukan. Hal ini dikarenakan semakin besar tantangan yang dihadapi bangsa dan semakin kompleks ancaman sebagai akibat dari perkembangan global. Siswa sebagai kader muda bangsa, menjadi bagian utama yang harus mendapatkan penanaman bela negara. Hal ini tidak terlepas dari potensi ancaman yang dihadapi negara Republik Indonesia. Kegiatan bela negara bagi siswa diperlukan untuk pembinaan karakter, penguatan mental, dan mempersiapkan siswa dalam menghadapi ancaman, seperti; penyalahgunaan narkoba, paham radikalisme, konflik antar siswa dan penyebaran penyakit menular. Selain itu, potensi ancaman dari dalam negeri, antara lain dalam bentuk disintegrasi bangsa, melalui gerakan-gerakan separatis berdasarkan sentimen kesukuan atau pemberontakan akibat ketidakpuasan daerah terhadap kebijakan pemerintah pusat.

 Wujud Bela Negara Di Kalangan Pelajar
Gambar: Belajar dengan sungguh-sungguh merupakan wujud bela negara di kalangan pelajar
Sumber: https://sumsel.tribunnews.com/2014/08/14/smp-negeri-9-palembang-miliki-24-program-pengembangan-diri

Pendidikan bela negara sudah dilaksanakan dalam seluruh kurikulum, misal melalui intrakurikuler dalam mata pelajaran PPKN dengan substansinya adalah empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Dalam ekstrakurikuler melalui paskibra, pramuka, olahraga prestasi juga merupakan bagian dari pendidikan bela negara. Selain itu, berbagai kegiatan-kegiatan yang kaitannya membangun kebanggaan nasional, baik seni budaya, sains,  maupun olahraga. Kegiatan tersebut menjadi bagian penting dalam upaya menumbuhkan bela negara dan kebanggaan terhadap nasionalisme Indonesia.

Apa saja contoh wujud bela negara di kalangan pelajar?

Berikut merupakan wujud atau contoh sikap usaha bela negara yang dapat dilakukan di kalangan pelajar.

  1. Melestarikan budaya daerah
  2. Belajar dengan rajin 
  3. Taat akan hukum dan aturan-aturan negara
  4. Mencintai produk-produk dalam negeri
  5. Mematuhi semua tata tertib di sekolah 
  6. Mengikuti kegiatan belajar dan mengajar dengan baik dan tertib
  7. Menjaga nama baik sekolah, baik itu di dalam sekolah maupun di luar sekolah
  8. Menghormati guru dan teman di sekolah
  9. Memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila
  10. Mau menerima segala perbedaan yang ada, misalnya perbedaan agama, suku bangsa, ras, dan antar golongan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU