Sehat dengan Senam

Yuk, Kita lihat video contoh pemanasan yang baik dalam materi Sehat dengan Senam dibawah ini !

Sehat dengan Senam ! Kita tahu senam ada 2 macam, senam lantai dan senam irama. Kedua macam senam tersebut memiliki manfaat yang bagus buat tubuh kita. Sebelum melakukan senam, baik senam lantai maupun senam irama, kita harus melakukan pemanasan.

A. Senam Lantai

1. Manfaat Senam Lantai

Senam lantai memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan bagi kesehatan mental sosial.

a. Manfaat fisik senam lantai

  1. Senam lantai merupakan kegiatan untuk mengembangkan kompoen fisik dan kemampuan gerak seseorang. Melalui kegiatan senam lantai peserta dapat mengembangkan daya tahan otot, kekutaan, kelincahan, kelentukan, keseimbangan, dan koordinasi.
  2. Program senam lantai dapat menyumbang perbendaharaan dan pengayaan gerak pelakunya. Dasar-dasar gerakan senam lantai sangat baik untuk mengembangkan pelurusan tubuh, kesadaran tubuh, dan ketrampilan-ketrampilan gerakan senam. 

b. Manfaat mental dan sosial senam lantai

Kegiatan senam lantai menuntut pesertanya untuk berpikir dan mengembangkan ketrampilannya. Oleh karena itu peserta senam lantai harus mampu berpikir kreatif untuk memecahkan masalah tentang gerak. Dengan demikian mental peserta senam lantai juga akan berkembang.

2. Jenis Senam Lantai

a. Senam lantai tanpa alat

Sehat dengan Senam

Senam lantai sendiri merupakan salah satu bagian dari rumpun senam. Sesuai namanya, semua gerakan senam ini dilakukan di atas lantai dengan hanya beralaskan matras. Senam lantai termasuk dalam olahraga yang dapat dilakukan untuk membentuk tubuh agar semakin ideal. Tujuan senam adalah untuk meningkatkan daya tahan, kekuatan, kelenturan, dan koordinasi tubuh. Selain itu, senam juga bertujuan untuk meraih prestasi, membentuk tubuh yang ideal, dan memelihara kesehatan. Rangkaian gerakan latihan senam tanpa alat dapat dilakukan dengan guling belakang, guling lenting dan gabungan.

b. Senam lantai dengan Alat

Menurut FIG (Federation Internationale de Gymnastique) atau Federasi Senam Internasional, senam artistik diartikan senam yang menggabungkan aspek tumbling dan akrobatik untuk mendapatkan efek-efek artistik dari gerakan-gerakan yang dilakukan. Senam lantai ada yang dilakukan menggunakan alat. Alat diperlukan untuk memudahkan gerakan senam lantai. Alat–alat yang dapat dipakai, antara lain boks, kuda-kuda, dan balok titian. 

Baca juga: Lomba Renang Gaya Bebas

B. Senam Irama

Senam irama atau juga biasa disebut dengan senam ritmik diartikan sebagai gerakan senam yang diiringi dengan musik. Yang dikenal dengan nama senam ritmik ini pada dasarnya memiliki gerakan yang kurang lebih sama dengan jenis senam biasa. Letak perbedaannya hanya pada penambahan fitur musik yang bagi beberapa orang semakin membuat semangat untuk melakukan senam menjadi-jadi. 

1. Unsur-Unsur Senam Irama

  • Kelentukan
  • Keseimbangan
  • Keluwesan
  • Fleksibilitas
  • Kontinuitas
  • Ketepatan dengan irama

2. Manfaat Senam Irama

  • Jika kita melakukan senam irama secara rutin, maka dapat mengembangkan kemampuan daya tahan tubuhm meningkatkan kekuatan otot, kelentukan tubuh, koordinasi tubuh, kelincahan tubuh, dan keseimbangan tubuh.
  • Lalu Jika kita melakukan senam irama secara rutin, maka dapat meningkatkan kemampuan berpikir secara aktif dan kreatif melalui pemesahan masalah gerak.
  • Dan Jika kita melakukan senam irama secara rutin secara bersama-sama, maka dapat menciptakan terwujudnya interaksi sosial.

3. Gerakan Senam irama

Berikut beberapa contoh gerakan senam irama :

Baca juga: Macam-Macam Senam Irama & Macam-Macam Senam Lantai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU