Meraup Rupiah dari Budi Daya Ikan Hias

Yuk, Kita simak video budi daya ikan hias dibawah ini !

Tahukah kamu fakta tentang ikan hias?

Ikan hias merupakan jenis ikan yang dipelihara bukan untuk konsumsi melainkan untuk memperindah taman atau ruang tamu. Kehadiran ikan hias di dalam rumah dapat menjadi salah satu alternatif hiburan di tengah rutinitas yang padat. Ikan hias yang banyak dipelihara adalah ikan hias air tawar. Ikan hias air tawar adalah jenis ikan hias yang habitatnya di air tawar. Pemeliharaan ikan hias air tawar biasanya di akuarium atau di kolam tergantung pada tujuan pemeliharaan. Ikan hias yang dipelihara untuk kesenangan, biasanya ditempatkan di akuarium sedangkan ikan yang dipelihara dengan tujuan mendapat keuntungan dari hasil budi daya ikan hias biasanya ditempatkan di kolam. Ikan hias yang biasanya dipelihara dan dibudidayakan, di antara ikan koi, cupang, arwana, koki, guppy, louhan, dan sebagainya.

 budi daya ikan hias
Gambar: Budi daya ikan hias
Sumber: https://mediatani.co/akuaponik-inovasi-budidaya-ikan-hias-air-tawar-kekinian/

Budi daya ikan hias…

Saat ini, ikan hias dibudidayakan bukan hanya untuk hobi semata. Ikan hias dibudidayakan untuk dijadikan usaha atau bisnis. Usaha budi daya ikan hias dianggap menguntungkan dan memiliki prospek yang cerah. Hal ini dikarenakan ikan hias memiliki nilai jual yang tinggi. Selain itu, proses pemijahan dan perawatan benih tidak terlalu seluit. Modal yang diperlukan tidak begitu besar dan usaha pembenihan/dibudidayakan ikan hias tersebut masih di didaerah tertentu saja sehingga masih memiliki potensi yang luas. Pemeliharaan ikan hias juga tidak memerlukan tempat atau lahan yang luas. Kebutuhan pasar akan ikan hias juga terbilang cukup tinggi, sedangkan para pengusaha atau petani ikan hias belum bisa memenuhi kebutuhan pasar yang terbilang tinggi itu, sehingga bisnis budidaya ikan hias tentu saja akan sangat menguntungkan. Kita dapat meraup rupiah dalam jumlah relatif besar ketika melakukan usaha budi daya ikan hias.

Hingga saat ini, ikan hias air tawar merupakan salah satu jenis komoditas ekspor nonmigas bidang perikanan yang mampu menyumbang devisa negara yang cukup besar. Dengan kekayaan ikan hias yang berlimpah maka peluang Indonesia sebagai pengekspor komoditas ini sangat terbuka lebar. Sehingga budi daya ikan hias layak digencarkan di masyarakat.

Baca juga: Siomay: Produk Olahan Hasil Bahan Perikanan dan Peternakan

Kemana Indonesia mengekspor ikan hias?

Pada beberapa dasawarsa kebelakang, Indonesia hanya mengekspor ikan hias ke Singapura. Dari Singapura ikan-ikan ini diekspor lagi ke berbagai negara. Namun saat ini, ekspor kita sudah menembus 60 negara dengan nilai lebih dari 50 juta dolar AS dan peningkatan sekitar 9% per tahunnya. Indonesia pun selalu menjadi 5 besar eksportir ikan hias dunia. Biasanya ikan hias yang layak ekspor diseleksi berdasarkan enam kriteria, yakni ukuran, jenis, keseragaman, keunikan bentuk dan warna, bebas penyakit, dan daya adaptasi  (Sumber:https://alamtani.com/ikan-hias-air-tawar/).

Bisnis ikan hias memang sangat menggiurkan. Dengan modal yang tidak terlalu besar dan dengan  sedikit keterampilan membudidayakannya, kita dapat meraup rupiah dari bisnis ini. Tentu saja kita harus tekun dalam menjalankan usaha budi daya tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang baik, kita dapat melakukannya dengan menjaga kualitas. Selanjutnya kita tingkatkan kuantitasnya. Dalam menjaga dan meningkatkan kualitas serta kuantitas tidak lepas dari cara budidaya yang dilakukan. Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan kegiatan pembudidayaan, seperti pemilihan wadah pemeliharaan ikan hias, pakan, memilih calon indukan, proses pemijahan atau pembuahan telur ikan hias, penetasan telur, perawatan larva hingga pembesaran, serta hama dan penyakit ikan hias yang perlu diantisipasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU