Mendaur Ulang Limbah Plastik Menjadi Tas Cantik

Yuk, kita simak video cara mendaur ulang limbah plastik dibawah ini !

Limbah plastik merupakan jenis limbah yang sulit untuk diuraikan oleh alam. Limbah plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk diuraikan. Bahkan, bisa sampai ratusan tahun lamanya untuk bisa terurai secara alami. Padahal dalam keseharian, kita tentu tak pernah lepas dari penggunaan plastik, baik berupa kantong plastik atau pun wadah atau kemasan makanan. Oleh karena itu, kita sebagai pengguna plastik harus menaruh perhatian lebih pada masalah ini. Limbah plastik harus diolah dengan cara atau metode yang tepat. Kita terkadang mengolah limbah plastik dengan cara dibakar bersamaan dengan jenis sampah lainnya.

Namun, sebenarnya ini tidak aman bagi kesehatan dan lingkungan di sekitarnya. Sampah yang dibakar membahayakan untuk kesehatan karena sampah tersebut dibakar pada suhu rendah dan menyebabkan asap putih beracun dan membuat napas sesak. Selain itu, limbah plastik terkadang dikubur di dalam tanah. Hal ini tentu akan membuat tanah menjadi tidak subur. Salah satu cara yang tepat untuk mengolah limbah plastik adalah dengan mendaur ulang limbah plastik menjadi tas cantik.

Adapun cara mendaur ulang sampah plastik adalah sebagai berikut :

  1. Kenali jenis limbah plastiknya terlebih dahulu. Hal ini akan mempermudah kita untuk melakukan penyortiran nantinya.
  2. Jika sudah, mulailah menyortir limbah plastik yang kita punya, bisa berdasarkan warna ataupun kandungan resinnya.
  3. Setelah itu, mulailah membersihkan sampah-sampah plastik.
  4. Jika diantara limbah plastik-plastik tersebut masih ada yang bisa digunakan, gunakan saja yang biasa disebut dengan teknik reuse. Misalnya botol plastik kemasan deterjen, kita bisa memakainya untuk menyimpan cairan sabun lagi ataupun cairan lainnya yang sebaiknya tidak ditujukan untuk konsumsi. Selain itu, kita bisa mendaur ulang limbah plastik menjadi produk kerajinan (recycle).

Baca juga: Membuat Rekayasa Elektronika Sederhana

Salah satu cara mengatasi masalah limbah plastik adalah dengan melakukan daur ulang (recycle). Beragam produk kerajinan dapat dihasilkan dari limbah plastik. Hal yang dibutuhkan adalah ide kreasi. Kita bisa mengkreasikan limbah plastik kemasan  menjadi tas cantik. 

A. Alat dan Bahan

  1. Kemasan plastik 450 ml sebanyak 4 buah. Keempat kemasan tersebut digunakan untuk membuat keempat sisi tas. Pilihlah kemasan dengan corak dan warna yang sama.
  2. Bisban sebanyak 2 buah (50 cm bisban dengan ukuran lebar 3cm untuk tali tas dan 1 m bisban dengan ukuran lebar 2 cm)
  3. Renda katun 30 cm sebagai penghias.
  4. Perekat 4 cm
  5. Jarum ukuran 16 dan benang jahit
  6. Gunting
  7. Penggaris / meteran
  8. Bolpoin / spidol

B. Cara Membuat

1. Bersihkan plastik kemasan hingga tidak ada noda atau kotoran sedikitpun.

2. Tentukan ukuran sisi depan dan belakang serta samping tas. 

http://4.bp.blogspot.com/-Wgze941HaAA/TkCxVPMnajI/AAAAAAAAAp8/-iUDYx3kvF4/s200/cara+2.jpg

3. Kemudian potonglah/ gunting kedua kemasan sisi depan sama besarnya dengan sisi belakang. Begitu juga sisi samping tas yang akan dibuat. Potonglah menjadi bagian yang sama sisi samping kanan dan kiri dengan ukuran lebar 7 cm.

http://3.bp.blogspot.com/-0c05FmYg_so/TkCxy60PN5I/AAAAAAAAAqA/8yIDkE2nyIw/s200/cara+3.jpg

4. Pasang dan jahit perekat, dengan menggunakan mesin jahit pada bagian dalam masing sisi depan dan belakang.

http://4.bp.blogspot.com/-hNHN9Sxk7yA/TkCx6rinkAI/AAAAAAAAAqE/fDRM-Nvxbyk/s200/cara+5.jpg

5. Pasang dan jahitlah bisban yang panjangnya 50 cm dan lebar 3cm pada bagian permukaan plastik (sisi depan dan belakang), sebagai tali tas.

http://3.bp.blogspot.com/-OvlwKcBDtdE/TkCybdKtN_I/AAAAAAAAAqQ/LcGHgRh8-Mc/s200/cara+4.jpg

6. Kemudian pasang dan jahit renda katun sekaligus bisban pada sisi atas lembar kemasan plastik. Lakukan langkah ini pada kemasan plastik untuk sisi depan dan belakang.

7. Sambungkan kedua kemasan plastik yang sudah dipotong berukuran 7cm (untuk sisi kiri dan kanan tas). Sehingga membentuk lembaran panjang. Setelah itu, hubungkan dan sambung dengan jahitan mesin dengan lembaran plastik untuk sisi depan dan belakang.

8. Kemudian pasanglah bisban pada setiap tepinya. Tas cantik hasil dari daur ulang limbah plastik kemasan pun selesai dibuat.

Kerajinan berupa tas cantik tersebut bahan utamanya adalah kemasan plastik yang dipadukan dengan bahan lain berupa kain (renda dan bisban) agar terlihat lebih menarik. Dengan kata lain, kerajinan tersebut dapat dikategorikan kerajinan berbasis media campuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU