Belajar Efektif Menghadapi Ujian, Bagaimana Caranya?

Ada beberapa cara belajar yang efektif dalam menghadapi ujian, bahkan ketika waktu sudah mepet-mepetnya. Selain niat, apa saja sih tipsnya?

Belajar menghadapi Ujian

Semua orang bisa belajar. Ada yang lebih milih pagi hari, siang hari, sore hari, malam hari, atau tengah malam. Biasanya, orang-orang menyesuaikan dengan kegiatan pada hari itu dan mood belajar.

Tapi, enggak sedikit juga kan yang malas untuk belajar. Entah karena membosankan, karena pelajarannya enggak menarik, dan merasa yakin aja dengan kemampuan diri.

Ada yang setiap hari setelah pulang sekolah melanjutkan belajar lagi sampai sekian jam, ada pula yang lebih milih buat enggak belajar sama sekali. Kecuali kalau ada pekerjaan rumah (PR), itu pun kalau ingat. Juga, ada pula orang yang tipe belajarnya SKS atau sistem kebut semalam. Belajar menjelang ujian saja.

Hayoo, kalian termasuk yang mana?

Tapi, yakin tuh mau belajar seadanya saja bahkan ketika kalian harus menghadapi ketatnya persaingan UTBK untuk SBMPTN? Saingannya enggak hanya teman sekelas dan teman sesekolah. Saingannya bisa jadi dengan seluruh siswa di Indonesia.

Apalagi menjelang ujian UTBK, pikiran kalian pasti lagi pada tertekan-tekannya. Yakin banget? Iya lah. Merasa tertekan karena beberapa teman sudah memastikan diri dapat PTN melalui jalur SNMPTN, sementara kalian belum yakin nilainya cukup untuk tersaring dalam daya tampung yang disediakan oleh PTN.

Dari pada menyesal di akhir, bukankah baiknya menyiapkan lebih awal?

Nah, artikel ini bakal membahas tetang beberapa tips belajar efektif untuk menghadapi ujian, baik itu waktu ujiannya udah terlalu mepet maupun masih ada jeda panjang.

Pada dasarnya, proses belajar berangkat dari ketidaktahuan, tahu, paham, bisa, dan kebiasaan. Dengan ini, tanamkan pada pola pikiran kalian, bahwa belajar bukan sesuatu yang hanya dilakukan satu atau dua kali. Prosenya panjang.

Tips Belajar Efektif

Pertama, niat. Bener deh, percuma kalau kamu belajar tapi enggak niat. Buang-buang waktu doang. Mending cari kegiatan lain yang lebih bermanfaat dari pada kamu belajar tapi enggak ada niat sama sekali.

Bagaimana biar bisa niat belajar? Tentu saja, bulatkan tekad kalian, tentukan tujuan kalian belajar untuk apa. Kalau ingat tujuan apa yang mau dicapai, semangat belajar akan muncul lagi. Enggak usah muluk-muluk, ingat kemungkinan paling buruk kalau kalian enggak belajar.

Apa yang bakal terjadi kalau aku enggak belajar, sementara teman-teman yang lain belajar?

Kedua, atur sistem belajar. Biasanya kalian belajar dengan sistem belajar gimana, sih? Fokus pada waktunya, atau fokus pada materi yang dikuasai? Kalau kalian cuman fokus pada waktu, yuk, ubah kebiasaan itu. Istilah kerennya, coba deh belajar dengan task-oriented, bukan time-oriented.

Apa bedanya?

Time-oriented adalah tipe belajar yang lebih kaku pada waktu. Misalnya, hari senin harus belajar matematika, hari selasa harus belajar Kimia atau Sosiologi, hari rabu belajar Fisika atau Ekonomi, dan seterusnya.

Sebaliknya, task-oriented adalah tipe belajar yang lebih memfokuskan pada pelajarannya. Kalian enggak perlu menentukan harinya mau belajar ini dan itu pada hari apa jam berapa. Tapi, ubah pola pikir dengan menguasai pelajaran tersebut ketika belajar. Kalau memang belum menguasai, ya lanjutkan belajarnya agar dikuasai dengan baik. Buat senyaman mungkin.

Ketiga, ketahui materinya. Setelah niat untuk belajar sudah bulat, dan tahu bagaimana pola belajarnya, cari tahu materi apa yang bakal kalian dalami selama belajar itu.

Misal untuk UTBK, ada beberapa materi uji yang telah disebutkan di artikel sebelumnya. Pahami, dalami materinya, kerjakan latihan soalnya.

Pelajari pelajaran yang menurut kalian menarik. Belajar itu tentang proses. Kalau kalian enggak bisa menikmati prosesnya dan justru merasa tertekan, belajar yang kalian lakukan itu hanya menempel sebentar di kepala. Ujung-ujungnya, jadi sia-sia.

Dalami materi per bab secara matang, jangan setengah-setengah. Setiap pelajaran punya banyak bab materi, prioritaskan mana yang mau dikuasai dalam-dalam.

Keempat, latihan soal. Kalau waktunya sudah terlalu mepet dan terlalu sebentar untuk mendalami materi, ikuti latihan try out dan mengerjakan bank soal.

Kerjakan banyak soal. Lagi-lagi, prinsipnya adalah agar kalian terbiasa. Secara enggak sadar, otak kalian akan lebih cepat merespon ketika berlatih mengerjakan banyak soal. Ketika mengerjakan soal, jangan lupa untuk memperhatikan waktunya.

Ingat, ujian juga memiliki batas waktunya. Berapa banyak waktu sih yang bakal kalian butuhkan untuk mengerjakan satu soal? Setelah kalian tahu itu, kalian jadi punya ancang-ancang untuk menghitung secara mandiri, kira-kira berapa minimal soal yang harus kalian kerjakan untuk mendapatkan skor nilai yang aman.

Jangan bingung, banyak medianya untuk melaksanakan tips ini. Kalian bisa juga mengakses latihan try out online di sini.

Tryout Online Gratis UTBK SBMPTN SAINTEK
Tryout Online Gratis UTBK SBMPTN SOSHUM

Kelima, berdoa. Usaha saja kadang kala masih kurang, teman-teman. Ingat, masih ada yang namanya orang beruntung. Doa salah satunya membantu kalian untuk memudahkan hal itu. Siapa yang tahu kan, apa yang bakal dihadapi di hari saat ujian tiba?

Begitulah teman-teman tips yang bisa kalian lakukan untuk belajar efektif sebelum menghadapi ujian. Ingat, belajar itu bukan hanya tentang duduk dan membaca buku. Prosesnya panjang, dan paling penting, nikmati proses itu.

Untuk bisa mengikuti tryout gratis kamu bisa melihat video tutorial di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU