Penilaian UTBK SBMPTN, Berikut Cara Perhitungannya!

Bagaimana sih penilaian UTBK SBMPTN itu? nilai UTBK dihitung berdasarkan metode perhitungan Item Response Theory, yaitu tidak memberikan pinalti terhadap jawaban salah.

Halo teman-teman pejuang jalur SBMPTN. Bagaimana persiapan belajarnya, nih? Optimis bakal mendapatkan apa yang dimau kan?

Tahu kan, kalau di tahun 2019 ada yang berbeda dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tingggi atau SBMPTN. Yuk, pahami lebih lanjut bagaimana penilaiannya agar kamu lebih bisa mempersiapkan diri untuk menjadi mahasiswa di universitas idaman.

Untuk dapat mengikuti SBMPTN, kini siswa SMA harus mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer atau yang disingkat dengan UTBK. Sebelum itu, siswa perlu mendaftarkan diri pada UTBK untuk mendapatkan username dan password.

Apakah setelah itu sudah? Eits, belum dong. Setelah sudah tahu tahapannya, pun setelah mengetahui tipe soal yang akan diujikan di UTBK seperti pembahasan di artikel sebelumnya, ada hal lain yang perlu kalian tahu.

Apalagi tuh? Kalau teman-teman sudah tahu materi apa yang akan diujikan saat UTBK, biar afdol lagi, teman-teman juga perlu tahu bagaimana cara penilaian UTBK.

Iya kan? Kenapa perlu tahu? Begini teman-teman, toh enggak ada ruginya pula untuk mendalami seluk-belum UTBK. Setelah teman-teman tahu bagaimana penilaiannya, teman-teman juga bisa punya target minimal agar melampui nilai yang aman.

Hasil dari UTBK sendiri nantinya akan diumumkan melalaui situs resmi milik LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. Hasil tersebut merupakan hasil rekapitulasi dari Ujian sesi I dan II yang dilakukan pada 13 April 2019 serta sesi III dan IV yang dilakukan pada 14 April 2019. Dengan kata lain, kalian bakal tahu nilai keseluruhan peserta setelah hasil seluruh sesi keluar.

Hal yang perlu diingat adalah, siswa harus memperhatikan statistik dan penyebaran nilai yang masih bisa berubah di setiap sesi tes selesai dilaksanakan. Maka, untuk mengetahui hasilnya secara pasti, siswa perlu menunggu pengumuman akhir dari statistik terakhir seluruh peserta nasional. Nilai akhir tersebut nantinya akan berkaitan dengan program studi yang diinginkan oleh peserta.

Poin kedua adalah, nilai UTBK dihitung berdasarkan metode perhitungan Item Response Theory, yaitu tidak memberikan pinalti terhadap jawaban salah.

Maka, jika siswa menjawab soal dengan benar akan mendapat nilai 1 dan jika menjawab soal dengan salah akan mendapat nilai 0.

Bagaimana dengan bobot kesulitan soal? Hal itu dihitung berdasarkan jawaban peserta. Soal yang memiliki bobot rendah dianggap memiliki tingkat kesukaran yang mudah karena banyak peserta yang menjawab benar. Sebaliknya, soal yang memiliki bobot tinggi memiliki tingkat kesukaran berat karena banyak peserta yang menjawab salah.

Karakteristik yang disebutkan di atas akan digunakan untuk perhitungan nilai peserta.

Pahami Penilaian UTBK

Apa sih manfaatnya memahami perhitungan nilai untuk peserta?

Nah, dengan memahami sistem penilaiannya, peserta dapat mengetahui kemampuan satu peserta dengan peserta lainnya. Semakin dekat nilai yang dimiliki dengan program studi yang diinginkan, maka semakin besar pula peluangmu untuk diterima di sana.

Berarti saya bakal tahu posisi nilai saya setelah nilai seluruh peserta keluar?

Betul banget. Nilai teman-teman bakal diurutkan dari tertinggi ke rendah untuk mengetahui peringkatnya. Peringkat tersebut yang bakal menentukan apakah kalian bakal lolos atau enggak dari program studi di perguruan tinggi yang ingin dituju.

Yang perlu diingat adalah, tiap perguruan tinggi belum menetapkan passing grade sebelum nilai kalian masuk. Passing grade baru ditentukan setelah menyesuaikan daya tampung program studi di universitas tersebut. Kenapa begitu?

Karena perguruan tinggi pun belum tahu gimana kemampuan peserta. Bisa jadi, passing grade yang ditentukan perguruan tinggi terlalu tinggi atau terlalu rendah. Repot lagi nanti. Kuncinya ada di daya tampung alias dari perguruan tinggi tersebut, lebih khususnya program studinya, akan menerima berapa banyak mahasiswa.

Pada akhirnya, kalau peringkat kalian di luar batas daya tampung yang disediakan, ya ucapkan selamat tinggal. So, persiapkan matang-matang ya teman-teman! Jangan sampai kalian menyesal karena terlalu santai di awal. Ingat, yang jadi saingan bukan cuma satu sekolah, tapi bisa jadi satu negara.

Kalian bisa dengan mengerjakan latihan soal UTBK yang disediakan oleh Edukaloka secara gratis dan menghitung skornya. Berikut linknya:

Tryout Online Gratis UTBK SBMPTN SAINTEK
Tryout Online Gratis UTBK SBMPTN SOSHUM

Untuk bisa mengikuti tryout gratis kamu bisa melihat video tutorial di sini.

Tryout Online melalui Edukaloka dan hitung penilaian UTBK
Ikuti latihan try outnya di Edukaloka, lihat kemampuanmu dengan menghitung nilainya

TO Online UTBK SBMPTN Edukaloka memberikan pengalaman tryout dengan sistem penilaian seperti UTBK yang asli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU