Materi UTBK SBMPTN yang Perlu Diketahui

UTBK SBMPTN sejak tahun 2019 memiliki struktur materi yang berbeda dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya.

Berada di posisi kelas 12 memang punya sensasi tersendiri. Paling jelas, kelas 12 jadi tahun terakhir di bangku SMA. Kelulusan sudah di depan mata. Soal-soal ujian mulai dari try out 1, 2, 3, dan seterusnya sudah menanti.

Lebih-lebih, kalau kalian punya target untuk melanjutkan ke universitas negeri atau PTN. Halang rintangnya bukan sebatas ujian sekolah dan ujian nasional, lho! Kalian bakal menghadapi yang namanya seleksi SNMPTN. Jika SNMPTN belum lolos juga, maka berlanjut ke tahap SBMPTN. Paling terakhir, ada yang namanya seleksi ujian mandiri.

Nantinya, masing-masing jalur punya daya tampungnya masing-masing. Contohnya, di tahun 2019 ini jalur SNMPTN memiliki daya tampung sebanyak 20 persen, SBMPTN minimal 40 persen, dan seleksi mandiri maksimal 30 persen dari kuota daya tampung program studi di PTN. 

Info aturan terbaru UTBK SBMPTN

Jika jalur SNMPTN mengandalkan nilai rapor dari semester 1 hingga semester 5, bagaimana dengan sistem yang diterapkan pada jalur SBMPTN? Nah, SBMPTN dilakukan dengan cara mengikuti tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) terlebih dahulu. Nantinya, skor akhir dari UTBK akan digunakan untuk mengikuti seleksi SBMPTN.

Tes UTBK? Berarti mengerjakan soal-soal lagi, dong? Yap, betul sekali. Ujian Nasional bukan ujian terakhir yang bakal kalian hadapi kalau belum berhasil lolos melalui SNMPTN. Tes UTBK pun berbeda dengan ujian nasional. Perlu persiapan matang dari empat bulan yang tersisa sebelum kalian benar-benar menjalani tes UTBK ini setelah melakukan ujian nasional.

Dua Materi Uji UTBK

Ada dua materi tes yang akan diujikan pada UTBK.

Pertama, adalah Tes Potensi Skolastik (TPS). Tes ini memang baru muncul di tahun 2019 ini. TPS merupakan tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif dari penalaran dan pemahaman umum. Bentuknya seperti apa, sih? Nah, TPS ini terdiri dari beberapa tipe soal, yaitu kemampuan penalaran umum, pemahaman bacaan dan tulisan, pengetahuan dan pemahaman umum, serta pengetahuan kuantitatif.

Banyaknya soal TPS adalah 80 soal dengan lamanya waktu pengerjaan adalah 120 menit; penalaran umum 35 menit, pemahaman bacaan dan tulisan 25 menit, pengetahuan dan pemahaman umum 25 menit, serta pengetahuan kuantitatif 35 menit. Tiap-tiap soal dalam komponen hanya boleh dikerjakan sesuai dengan rentang waktu yang telah dialokasikan.

Kedua adalah Tes Kompeten Akademik (TKA). TKA merupakan tes yang bertujuan untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang berkaitan dengan pelajaran di sekolah. Ada dua jenis TKA yaitu TKA Sains dan Teknologi (Saintek) dan Sosial Humaniora (Soshum). Apa bedanya, tuh?

TKA Saintek meliputi Matematika saintek, Biologi, Fisika, dan Kimia. Sementara TKA Soshum meliputi Matematika soshum, Ekonomi, Sosiologi, Geografi, dan Sejarah. Pada soal-soal TKA tersebut, kalian dituntut untuk menyelesaikan tipe soal High Order Thinking Skill (HOTS), yaitu tipe soal yang memerlukan pemahaman analitis dan berpikir kritis dalam menjawab soal.

Jadi peserta dapat memilih untuk mengikuti kelompok saintek maupun kelompok soshum. Jika kalian tergabung dalam kelompok saintek, maka materi yang akan kalian kerjakan adalah TPS dan TKA Saintek. Pun dengan kalian yang memilih kelompok Soshum maka materi yang diujikan adalah TPS dan TKA Soshum. Peserta dibebaskan untuk memilih kelompok menyesuaikan dengan program studi yang ingin dimasuki.

Nah, begitulah gambaran umum tentang UTBK dan materi apa saja yang akan diujikan nanti. Asal benar-benar niat dan tekun dalam belajar, waktu yang singkat bukan jadi penghalang kok! Kamu juga bisa mempersiapkan UTBK kamu bersama Edukaloka dengan banyak mengerjakan Tryout Online UTBK SBMPTN yang disediakan oleh Edukaloka secara gratis di link berikut :

Tryout Online Gratis UTBK SBMPTN SAINTEK
Tryout Online Gratis UTBK SBMPTN SOSHUM

Untuk bisa mengikuti tryout gratis kamu bisa melihat video tutorial di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU